Dewan Juri yang Terhormat!

Halooooo
Lama tak bersua.
nih, saya mau posting soal pengalaman saya waktu lomba debat.
penasarankah anda?
oke this is it!

Pada suatu hari, teman saya, ulya, menghampiri saya.
Ulya : Nadia!!!
Saya : apaaa??(lama-lama kayak iklan oweo deh)
Ulya : ada lomba debat loh di upi. mau ikut ga?
Saya : mau-mau!
dari situ lah saya ikut lomba debat dengan partner Ulya dan Putaz (asik banget!)

hari perlombaan datang dengan tiba-tiba! kenapa tiba-tiba? karena sehari sebelumnya kita udah ga inget bakal lomba. soalnya kita lagi ngolix! (apaan tuh ngolix?) Nginep OSIS LIX! (oohhh!!!) anda-anda perlu tau, kita belum persiapan lo buat lombanya!!! hebat kaan?? (jangan diikutin ya kawaan!)

lombanya dilaksanakan hari senin dan selasa, tanggal 23 dan 24 April. Kita dapet debat penyisihan pertama jam 4 sore. oke, kita tunggu. eh, taunya ngaret sampe jam setengah 7. parah ga tuh? ya udah lah gapapa. untuk lomba debat yang pertama bagi kita, debat penyisihan pertama ini terhitung cukup. kata jurinya debat kita seri, ga ada yang kalah dan menang. padahal anda-anda harus tau! lawan kita tuh jago banget! bahasanya keren! argumennya kuat! sumber datanya lengkap! lah kita? bahasa : tetoot.. argumen : kayaknya kuat deh! sumber data : nol! jadi emang kita cuma unggul di argumen. oh iya, kita juga grogi banget! jadinya terligat ragu2. duh!

hari selanjutnya, babak penyisihan kedua!
kita dapet bagian jam 8 pagi! edazzz! (punten ngambil bahasanya alief) kemarinnya kita dapet malem, sekarang malah dapet pagi. anda-anda harus tau, kita bertiga super ngantuk! wajar lah ya! tapi debat penyisihan kedua ini adalah debat yang paling berhasil. lawan kita.. (hehe maap ya!) aneh banget! sumpah, argumen mereka aneh! langsung aja kita patahkan argumen itu dengan mudahnya! hohoho...

beres debat kedua, kita nunggu pengumuman 8 besar deh! oh iya penilaian debat kali ini berdasarkan poin, bukan sistem gugur. kalau sistem gugur mah diterapinnya pas perempat, semi, dan final. (oohhh...) sambil nunggu, kita nonton debat orang lain, browsing, main coco girl (ups), dll. akhirnya waktu pengumuman tiba! alhamdulillah kita masuk 8 besar!!!! yeeee!!!

dari situ kita langsung masuk babak perempat final. dan tau ga? lawan kita di babak ini adalah lawan yang sama waktu di babak penyisihan pertama. duh! mereka kan jago2. pokonya debat kali ini sengit banget! tim kita dan mereka sama-sama keukeuh (keras kepala). debat selesai. kita nunggu pengumuman pemenangnya. dan alhamdulillah lagi, kita menang dan lolos ke semi final!!! kalian harus tau poin kita beda tipis, cuma beda 30 poin! dan kata juri kita menang karena kompak! yeeeee!!!!

tibalah waktu semi final! nah, di sini nih yang rame. kenapa saya kasih judul "Dewan Juri yang Terhormat" dari sini nih. hihihi... pokonya bodor ngedengernya! gini nih ceritanya. mosi debat kali ini tentang rsbi, dan tim kita dapet kontra. duh! mampus! kita kan anak rsbi. gimana mau kontra? nah, tim lawan kita itu otomatis dapet pro dong. saat debat mereka selalu ngomong "dewan juri yang terhormat!" dengan aksen pembawa berita. hehehe... kalo kalian ngedenger pasti bodor. dan argumen mereka ternyata kuat. di bagian kesimpulan mereka bukannya nyimpulin, tapi malah nge-evaluasi kita. aneh kan? masih dengan mengucapkan "dewan juri yang terhormat" mereka mencari-mencari kesalahan kita. jadi kesannya tuh ngejilat dewan juri gitu. huh! dasar penjilat! akhirnya kita kalah deh di babak semi final. mereka ngejilat juri sih! tapi memang kita juga salah. soalnya kita berpikir subjektif. seharusnya mau kita anak rsbi atau ngga tetep harus berpikir objektif. posisikan kita sebagai bukan anak rsbi. gitu lo.

yah! gapapa lah! pengalaman! ternyata ada ya anak yang kayak gitu. keliatan banget gitu orientasi debat mereka adalah untuk menang. padahal kan tujuan debat sendiri untuk mengembangkan pola pikir kita supaya mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. tapi ya udah lah, ga usah dipikirin. jangan gibah juga. mereka punya argumen yang kuat banget plus sumber data yang jelas juga ko! mereka hebat banget. jujur. kemampuan mereka dalam mempengaruhi orang keren banget!

tapi saya kecewanya pas mereka debat di babak final. mereka diserang habis-habisan sama lawannya sehingga posisi mereka terpojok. bukannya mempertahankan argumen, mereka malah mencari-cari kesalahan tim lawan. teknis lomba mereka abaikan, argumen udah ke mana, debat keluar dari mosi. duh! pokonya debat final tuh udah paling kerass! edan pokonya mah.

jadi kalian harus inget! dalam hal apapun, mau itu debat atau apa ke, jangan mencari-cari kesalahan orang demi kemenangan. itu ngga baik ya kawaan! kalau di debat, contohnya dalam keadaan terpojok, kita bisa menyanggah argumen lawan dengan argumen kita yang pertama yang of course jelas sumber datanya, bukannya mencari-cari kesalahan lawan. keliatannya jadi jelek banget! kalau di kehidupan sehari-hari, contohnya ada masalah yang melibatkan diri kita, jangan meng-kambing hitam-kan orang lain, kalau itu memang perbuatan kita, dan jangan mencemooh orang lain, kalau itu perbuatan dia.

ini ceritaku, apa ceritamu? (iklan lagi)
hehe maap. iya seperti itu. semoga kisah saya ini bisa bermanfaat ya buat kawan2!
byee! (aksen upin-ipin)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Carpon Basa Sunda : UJIAN

Pembinaan Pekanan Majelis Ta’lim Salman #1 "Karakteristik Para Sahabat"

Cerpen --> Dialog