Ketika di Angkot #1


Selasa, 2 Oktober 2012 @Angkot Jurusan GBA-Buah Batu

waktu itu aku baru beres uts b.inggris. lumayan membingungkan sih. jawabannya teh bisa bener semua. aku nyamain sama temen, banyak yang beda. ah ya udah lah. aku memutuskan untuk ga mikirin banget. jangan sibuk mikirin masa lalu yang udah berlalu. sekarang saatnya fokus sama yang di depan mata.

nah, waktu itu aku memutuskan untuk langsung pulang aja. orang ga ada kegiatan lagi. di angkot buah batu-kalapa aku ngelamun. ngelamunin banyak hal. salah satunya ngelamunin pengen ke luar negeri. aku baru beres baca novel “99 Cahaya di Negeri Eropa”. ceritanya tentang pengalaman Hanum (anaknya Amien Rais) yang keliling eropa, menapaki sisa2 kejayaan islam di sana. wah jadi kepengen ke eropa juga. kapan ya??

beres ngelamunin eropa berlanjut ke kuliah (lamunan aku random amat yak?). wah bentar lagi kuliah euy. ga kerasa. tapi mau kuliah di mana? sebelumnya sempet memutuskan pengen ke FTTM ITB teknik geofisika. eh, kemarin2 jadi galau. jadi kepengen STEI juga. ah galau.

gara2 kebanyakan ngelamun ga kerasa udah sampe pasar kordon. aku turun di sana. terus jalan sedikit ke pangkalan angkot GBA-Buah Batu sambil ngelamun lagi.

nah, di sini puncak ceritanya. nyampe di pangkalan angkot aku ngeliat bangku di depan kosong. ya udah aku duduk di sana. baru duduk tiba2…

seorang nenek: neng, ibu boleh duduk di depan juga?

aku: oh boleh2 bu, mangga.

nenek: makasih ya. eh, punten ini belanjaan ibu banyak.

aku: oh sini bu. (aku bantuin si nenek)

nenek: (duduk) hah, punten ya neng. asalnya mah cuma mau beli kucai. eh malah jadi belanja banyak.

aku: oh.. gapapa bu.

nenek: ibu teh mau bikin nasi lengko buat pengajian. bosen ayam wae mah ya neng.

aku: iya..

entah kenapa aku ngerasa nenek ini berbeda dengan kebanyakan nenek. obrolan kita yang hanya berawal dari kucai terus berlanjut. dia nanya aku sekolah di mana. dan aku jawab di SMAN 3. ternyata dia tahu SMAN 3 di mana. wah, ingatannya masih kuat. padahal udah tua. obrolan kita makin asik sampe2 dia nyeritain keluarganya.

nenek: cucu ibu ada yang sekolahnya di sbi juga kayak neng. tapi ini mah masih smp. si SMPN 5.

aku: oh…

nenek: cucu ibu yang satu ini pinter bahasa jermannya. soalnya dulu sempet TK di jerman. bapaknya, anak ibu, nerusin kuliah di sana jadi dia ikut.

aku: wah, hebat! beasiswa ya bu?

nenek: iya. mahal kalo biaya sendiri mah. anak ibu itu dulunya kuliah di itb. sempet jadi asisten dosen juga.

aku: wah, aku juga pengen kuliah di itb bu.

nenek: sok sama ibu didoain ya.

aku: aamiin…

nenek: sekarang anak ibu itu udah jadi dosen beneran di itb. dosen geofisika.

aku:(wah? geofisika!!) aku juga pengen masuk jurusan itu bu. geofisika! (mendadak semangat)

nenek: oh iya? sok ibu doain lah biar neng masuk ya. nanti kalo masuk diajar sama anak ibu, namanya pak warsa.

aku: oke sip bu. 

aaaaa….. ya Allah!!! beberapa menit yang lalu aku baru aja ngelamunin kuliah. galau mau FTTM Geofisika atau STEI Informatika. dan Allah langsung ngasih jawabannya lewat nenek ini, yaitu FTTM Geofisika. aaaaaa… dan juga aku kan tadi sempet ngelamun pengen ke eropa. eh, ternyata anak nenek ini, yang juga dosen geofisika, pernah kuliah S2 di jerman alias di eropa! aaaaa… 

entah apa rencana Allah mempertemukan aku dengan nenek ini. aku ngerasa telah terbukakan suatu pintu yang membawa aku semakin dekat dengan apa yang aku idam2in selama ini, pergi ke eropa dan kuliah di FTTM Geofisika ITB!!!ya Allah… makasih… hati aku jadi mantap untuk nerusin pendidikan ke FTTM Geofisika ITB.

obrolan kita ga cuma sampe di situ. nenek itu juga nyeritain waktu dia masih jadi guru bahasa jerman. profesinya itu yang membuat anaknya pengen S2 di jerman. dia juga nyeritain kalo di jerman itu, tepatnya di berlin, ada komunitas muslim indonesia yang selalu ngadain pengajian. komunitas itu terdiri dari 24 keluarga di berlin. waah.. aku jadi makin pengen ke sana.

ga kerasa bentar lagi angkot nyampe di depan rumah. akhirnya percakapan kita ditutup dengan:

nenek: neng namanya siapa?

aku: Nadia bu. kalo ibu?

nenek: ibu Tuti.

aku: ibu rumahnya di mana?

nenek: di GBA 3 neng.

aku: oh. kiri! (angkot berhenti di depan rumah aku)

nenek: rumah neng yang mana?

aku: (bayar ongkos ke si emang) itu yang pager ungu.

nenek: oh yang itu.

aku: duluan ibu!

nenek: iya. semoga bisa ketemu lagi ya neng!

aku: iya bu. aamiin…

aku berharap bisa bertemu dengan nenek ini lagi… makasih ya bu udah mau ngedoain aku biar masuk FTTM. makasih juga udah jadi teman mengobrol selama perjalanan yang menjauhkan aku dari lamunan yang sia2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Carpon Basa Sunda : UJIAN

Pembinaan Pekanan Majelis Ta’lim Salman #1 "Karakteristik Para Sahabat"

Cerpen --> Dialog